Welcome

Welcome

Senin, 18 Juni 2012

Metode Pendidikan Fatimah Azzahra

Metode Pendidikan Fatimah Azzahra

Buku Fatimah Azzahra

              Tak pernah bosan membaca tentang kisah kehidupan Fatimah Azzahra, putri kesayangan Rasulullah saw. Membaca kisahnya selalu menjadi inspirasi. Seperti yang diceritakan dalam buku ini yaitu tentang Fatimah Azzahra dengan penulis Ibrahim Amini. Buku yang diterbitkan oleh Lentera ini mengisahkan tentang kehidupan Fatimah Azzahra yang sangat mengagumkan. Ada hal yang baru aku ketahui tentang kehidupan Fatimah Azzahra yaitu tentang metode dalam mendidik anak-anaknya. Metode tersebut di antaranya adalah :
1.      Pelajaran pertama : Cinta dan Kasih sayang

Hati ibu yang penuh kasih sayang dan asuhannya yang hangat serta cinta ayah yang tulus dan belas kasihnya akan memancarkan pada diri anak sumber-sumber kebaikan, semangat tolong menolong, serta cinta dan kasih sayang pada orang lain. Cinta yang selalu hadir akan menumbuhkan benih kebaikan dan kebiasaan yang bagus pada diri si anak. Cinta ini pun akan membuatnya berjiwa sosial, suka menolong dan melayani orang lain, menunjukkannya jalan kebahagiaan, dan mengeluarkannya dari perilaku dari menarik diri dan lari dari kenyataan.
Jadi cinta dan kasih sayang adalah kebutuhan yang paling penting dalam pendidikan anak.

2.    Pelajaran kedua: Menumbuhkan Kepribadian

Orang tua harus selalu menumbuhkan sikap percaya diri, menghormati orang lain, dan bercita-cita tinggi. Selain itu, menghargai pribadi dan keberadaannya.
Pastikan untuk selalu memberikan dorongan agar anak mempunyai sifat-sifat terpuji dan menekankannya dengan menyebutnya di hadapannya dan di hadapan orang lain.

3.    Pelajaran tiga : Iman dan Takwa

Rasulullah saw memberikan petunjuk tentang agama dan pendidikan ruhani sejak masa kelahiran. Beliaupun selalu mengingatkan terhadap makanan yang mengandung syubhat.

4.    Pelajaran keempat: Mematuhi aturan dan memperhatikan hak-hak orang lain.
Kedua orang tua harus mengawasi anak-anak agar tidak melampui batas terhadap orang lain, menghormati hak-hak mereka, belajar teratur,tidak lemah dalam menuntut haknya, dan tidak mengurangi milik orang lain.

5.    Pelajaran lima: Olah raga dan bermain

Itulah beberapa metode pengasuhan Fatimah Azzahra dalam mendidik anak-anaknya. sehingga Beliau berhasil menciptakan  anak-anak dengan akhlak mulia,  menjadi pemimpin umat, contoh teladan sepanjang masa. 
            Lima metode di atas membuka wawasanku tentang metode mendidik anak.  Semoga aku bisa mencontoh dan mengamalkannya agar anak-anakku kelak menjadi generasi penerus kehidupan keluarga Rasulullah saw… amin.  
6 Juni 2012


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar