Welcome

Welcome

Senin, 18 Juni 2012

Don’t Judge by Cover

Don’t Judge by Cover
6 Juni 2012

Sampai di perpustakaan cuaca semakin mendung padahal baru jam 10 pagi. Udara dingin dan suasana sepi malah membuat ngantuk. Untuk menghilangkannya, kucoba berjalan menelusuri rak-rak buku yang berjajar rapi. Dan kutemukan sebuah rak yang berisi buku-buku lama. Dari covernya terlihat masih sangat sederhana dan kebanyakan kualitas bukunya kurang bagus, seperti kertasnya sudah kuning, di plester, ada juga yang diganti covernya. Tapi ada hal yang baru kusadari yaitu buku-buku ini sangat bagus dan berbobot. Dilihat dari tahun terbitnya, buku-buku ini terbit sekitar tahun 90-an. Di antaranya buku terbitan Mizan, Rosda, Pustaka Hidayah, Lentera, dan lain-lain.
Rak Buku-Buku Jadul.

Jika aku cermati, buku Islam yang banyak beredar sekarang adalah buku-buku yang bahasannya ringan, dan lebih ke ‘ How To’. Mungkin karena sekarang orang-orang sudah sibuk jadi lebih membutuhkan buku-buku yang sifatnya praktis.
Aku telusuri lagi satu persatu buku yang ada di rak ini dan memang banyak buku yang bagus. Aku pun mengambil 7 buku untuk di baca hari ini. aku pun duduk dan membacanya. Namun beberapa saat kemudian, buku lama yang ada di rak tadi mulai diambil. Entahlah apa tujuannya, apakah untuk diperbaiki, dicatat ulang identitas bukunya atau dibuang ya. Hmmm.. sayang sekali jika dibuang atau ditiadakan dari perpustakaan ini, karena buku-buku tersebut sangat bagus. Apakah mungkin karena cover, kertas, dan tampilannya sudah jelek? Wah gak tau dech.. Semoga pustakawan di sini jeli ya dalam menyortir bukunya, seperti pepatah “ Don’t judge by Cover” :)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar