Welcome

Welcome

Senin, 27 Agustus 2012

Kampung Inggris



(sumber gambar: yusuf.web.id)
*Ada sekitar 100-an tempat kursusan lainnya di Pare. Tapi capek yah kalo ditulis satu persatu di sini.

*Rekomendasi
Kalo mau focus di speakingnya, ambil di SMART dan asrama STORY ( satu bulan). Terus setelah satu bulan pindah ke asrama lainnya, misalnya ke ACCESS atau MARVELOUS dan mulai ambil TOEFL atau grammar program, yaitu di ELFAST yang di match-in dengan LOGICO.

*Itu sich gambarannya.Tapi semuanya terserah yah, mungkin sekarang udh ada perkembangan dan perubahan baru.

 *Itu sktr 3 taun yang lalu. Mungkin ada kursusan baru lagi yang lebih bagus.Aku gak tau info kursusan yang baru, tapi ELFAST, LOGICO, SMART(yg program speakingnya) rekomendasi bngt:) Kalo udh sampai sana minimal ada gambaran sambil  jalan-jalan ke tempat kursusan yang lainnya, jng lupa minta brosurnya. Jadi bisa milih2 lagi yah:). Dan sepertinya biaya udh berubah  yah, tapi gak mahal2 bngt kok :)
*O ya, pendaftaran dibuka setiap per tanggal 10 dan 25 setiap bulannya (semua kursusan). Sebaiknya udh telepon ke tempat kursusan atau asrama 1 minggu sebelumnya. Biar nyampe ke Pare, langsung belajar n gak washing time:)
*Lingkungan: Di Pare itu, Islami bngt. Sholat berjamaah selalu digalakan di setiap asrama (makanya pilih asrama, jng kost2an:) ). Orang-orang yang datang dari Sabang sampe Meruke hehe, polos2 deh jd kita bebas speaking Englishnya, gak malu2 deh.
*Hal yang penting adalah SEWA atau BELI SEPEDA. Ini hal yang penting, karena mengejar waktu belajar dari satu kursusan ke kursusan yang lainnya. Termasuk kalo mau ke kota (jaraknya jauuuuhhh bngt).
Harga sewa sepeda berkisar antara 50rb-75rb/bulan. Caranya ke tempat sewa/beli sepeda. Sertakan KTP asli. Klo udh abis waktunya, yah dikembaliin. Kalo telat ada dendanya. Hati2 sama sepedanya, ketuker sama orang lain. Maklum semua pakai sepeda. O ya, sepedanya, biasanya sepeda ontel, jadul hehe.
Kalo mu beli sepeda (biasanya untuk student yang mu tinggal lama disana sekitar 5bulan -1 taun-an). Harganya  sekitar 150rb-300 rb. Bisa dijual lagi kalo kita mau pulang, atau di hibahkan ke teman yang masih tinggal di asrama. Dulu aku beli sepeda harga 150 rb, pas mau pulang dijual lagi, laku 70 rb.

*Soal makan, murah banget. Sekali makan 3rb-5rb. Dulu aku tinggal di asrama SMART STORY satu bulan, terus pindah ke asrama ADAWIYAH (ada dapurnya). Jadi kita masak patungan sama temen2, ada jadwal masak. Ini jauuuhhh lebih hemat daripada beli di warung.
*O ya, kursus di sini muraaahhhhh bngt. Makanya nyesuain dg kondisi tempat. Jng bayangin tempatnya kayak kursusan di LIA at TBI yah hehe. Tempatnya lesehan, ada yg pake karpet atau samak bahkan samak jadul. Bangunannya ada yg baru atau sedikit modern lah seperti LOGICO, ELFAST. Tapi yg lainnya bangunan lama. Ada yg belajarnya di bawah pohon rindang, seperti kalo program subuh pagi atau sore di MARVELOUS, student nya belajar di halaman di bawah pohon rindang. Ada yg modern bngt, institute bentuknya namanya MAHESA, udh ada lab bahasanya ( tapi kursusan ini formal bngt n menurutku sih kaku).
*Pesan penting; jangan sia2kan waktu d sana yah. Karena bnyk juga yg malah gak konsentrasi, gara2 cinlok atau ngeceng2 hehe. Fokuskan pada belajar dan pastinya TARGET pencapaian, misalnya nargetin TOEFL 500 dan speaking fluenly. Banyak teman2 yg gak berhasil atau gak dapat apa2 dr sana, mungkin kurang sungguh2. Makanya semua tergantung dari kita yah.

Segitu aja dulu yah infonya. Selamat berjuang. Salam :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar